Manfaat Secara Medis Pada Tidur dalam Keadaan Suci dan Berwudhu

Posted by Majalah Online on Thursday 29 January 2015

Tidur dalam keadaan suci dan berwudhu membuat seorang muslim merasakan ketenangan dan dada yang lapang. Keadaan seperti ini membuat turunnya kadar hormon Kortizon dan bertambahnya jumlah hormon Leukotriens sehingga tidur pun menjadi nyaman dan ketika bangun merasa tenang dan bertenaga. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

"Syaithan akan mengikat ujung kepala orang yang sedang tidur dengan tiga ikatan sehingga menyebabkan dia tidur menjadi lebih. lama. Apabila dia terbangun dan menyebut nama Allah, terlepaslah ikatan yang pertama. Lalu apabila dia berwudhu terlepaslah ikatan yang kedua. Kemudian jika dia mengerjakan shalat terlepaslah ikatan yang ketiga. Maka jadilah dia di pagi hari segar dan bertenaga. Jika tidak, maka dia akan menjadi malas dan lemah
Disebutkan dalam kitab "Huda al-Islam wa Irtifa'u as-Saah. al-Biyulujiyyah", bahwa jika seseorang mengerjakan shalat, lalu membaca Al-Qur'an dan berdoa kepada Allah, maka ia akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman. Ia juga akan dijauhkan dari sifat malas yang disebabkan oleh dominasi hormon Parasympathetic System dan rendahnya kadar hormon Kortizon. Selain itu, ia juga akan terhindar dari dampak negatif dari berlebihannya kadar Kortizon dan Catecholamine seperti naiknya tekanan darah, dan juga dari penyakit jantung seperti Kejang Jantung dan tidak beraturannya detak jantung, ditambah lagi dengan manfaat kesehatan lainnya yang dihasilkan oleh shalat pada umumnya seperti perlindungan dari tergelincirnya tulang rawan serta memperbaiki kerja jantung  (Dr. Jamal Muhammad Az-Zaki)



Blog, Updated at: 17:49

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts