CIRI-CIRI ZAMAN JAHILIYAH

Posted by Majalah Online on Sunday 28 April 2013

 
 Secara Global setidaknya ada 3 ciri jahiliah  yaitu : 

1.      1. Aqidahnya ( Ideologinya ) Rusak.

Artinya keimanan mereka hanya sebatas lisan saja namun mereka enggan merefleksikan keimanan itu dalam kehidupan mereka mereka yakin kalau Allah maha pencipta namun dilain sisi mereka menyembah ciptaan Allah itu sendiri ( Syirik )   Dan Sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?" tentu mereka akan menjawab: "Allah", Katakanlah: "Segala puji bagi Allah", tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya). ( QS:29:69)
Mereka menajdikan latta,uzza dan mannat sebagai tandingan – tandingan Allah mereka menyakini para dukun-dukun dan bersekutu dengan jin.     Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu[106] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). ( QS:2 :165)

Ibnu Mas’ud menuturkan : aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Ruqyah( yang tidak syar’i), Tamimah dan Tiwalah adalah  syirik.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

“Barangsiapa yang mendatangi dukun atau peramal kemudian membenarkan apa yang dia katakan, maka dia telah kafir terhadap apa (Al-Qur`an) yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Ahmad no. 9171)

2.        2,Berhukum dengan hukum selain Allah
   
     Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik     daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ?

    Maksudnya memilih hukum yang sesuai dengan hawa nafsunya , hukum buatan manusia dan  meninggalkan hukum-hukum Allah  padahal hukum ALLAH lah yang sempurna, setiap hukum yang menyelisihi apa yang diturunkan Allah l kepada Rasul-Nya adalah hukum jahiliah
Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan berkata, “Demikianlah, memang sudah seharusnya seorang hamba menerima hukum Allah, sama saja apakah hal itu menguntungkan dirinya atau merugikannya, sama saja apakah hal itu sesuai dengan hawa nafsunya ataukah tidak.” (lihat al-Irsyad ila Shahih al-I’tiqad, hal. 103 cet. Dar Ibnu Khuzaimah)

3.     3. Kerusakan Moral.

Kerusakan Moral ini akibat dari  rusaknya Aqidah dan  Meninggalkan hukum Allah,  Bangsa Arab pada waktu itu sangat-sangat rusak moralnya  Aisyah menggambarkan ada 4 sistem pernikahan pada waktu itu :
 
             a      Pernikahan sebagaimana pernikahan orang sekarang yaitu seorang wanita dilamar oleh seorang laki-laki yang nantinya dilanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dengan ijab qobul dan pemberian mahar.

                b  Nikah istihdo yaitu pernikahan untuk mencari bibit unggul” kayak milih bibit jagung aja he,he,he ^ - ^ yaitu dengan cara seorang suami menyuruh istrinya yang sedang dalam masa-masa subur untuk digauli dengan seorang laki-laki yang terhormat agar mendapat keturunan unggul yang di inginkan dalam masa ini suami tidak menyentuh istrinya sampai kelihatan  tanda-tanda kehamilan.

            c    Adalah jenis pernikahan yang melibatkan seorang perempuan yang melayani semua laki-laki dalam jumlah kurang dari sepuluh orang jika wanita tadi hamil maka sepuluh orang ini dipilih satu orang dari yang wanita itu sukai untuk menjadi ayah daripada jabang bayi, biasanya penunjukan itu setelah bayi lahir.

            d  Seorang wanita menjajakkan diri dengan lelaki lebih daripada sepuluh orang ketika dia hamil dia akan memanggil sepuluh orang itu dan memanggil seorang qoif (ahli pernasaban) atau dukun untuk menunjuk mana bapak dari anak yang dikandungnya.

        Sedang minuman keras , berjudi itru sudah menjadi budaya Allah sebutkan dalam Al-Qur’an
 
          Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.( 5 : 90 )





Blog, Updated at: 19:43

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts