TAFSIR AYAT KURSI KE 5 " MAKNA DAN KANDUNGAN

Posted by Majalah Online on Tuesday 3 February 2015

Kesebelas dan Duabelas: Firman-Nya:
وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Dua nama ini الْعَلِيُّ dan الْعَظِيمُ menunjukkan bukti keesaan Allah عزّوجلّ, bahwa hanya Dia yang berhak disembah, sedangkan selain-Nya tidak, karena Allah عزّوجلّ menyebutkan bahwa diri-Nya paling tinggi dari semua makhluk-Nya dan paling agung.
Disertakan ال dalam firman-Nya وَهُوَ الْعَلِيُّ menunjukkan menyeluruh, meliputi semua makna ketinggihan; tinggi Dzatnya, tinggi kekuasaan-Nya, dan keagungan-Nya.
Allah عزّوجلّ Maha Tinggi Dzatnya, di atas semua makhluk-Nya seperti firman-Nya:
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
Tuhan yang Maha Pemurah, yang bersemayam di atas Arasy. (QS. Thaha [20]: 5)
Sedangkan Dia Maha Tinggi (الْقَهِر) kekuasaan-Nya seperti firman-Nya:
وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ
Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya. (QS. al-An'am [6]: 18)
Sedangkan Dia Maha Tinggi (قَدْرِ) keagungan-Nya seperti firman-Nya:
وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ
Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. (QS. az-Zumar [39]: 67)
Ini semua bukti yang sangat agung tentang keesaan Allah عزّوجلّ, dan membatalkan semua bentuk kesyirikan. Oleh karena itu, Allah عزّوجلّ berfirman:
ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِن دُونِهِ الْبَاطِلُ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ
Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil; dan sesungguhnya Allah Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Luqman [31]: 30)
Sedangkan firman-Nya الْعَظِيمُ menunjukkan bahwa hanya Allah عزّوجلّ. Dzat Yang Maha Agung, tidak ada yang melebihi keagungan-Nya, sedangkan makhluk sekalipun besar kedudukannya, dia tetap rendah apabila dibanding dengan keagungan penciptanya.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Allah عزّوجلّ berkata:
الْكِبْرِيَاءُ رِدَائِي وَالْعَظَمَةَ إِزَارِي فَمَنْ نَازَعَنِي وَاحِدًا مِنْهُمَا قَذَفْـتُـهُ فِي النَّارِ
'Kesombongan adalah selendang-Ku, keagungan adalah sarung-Ku. Siapa yang mencabut salah satunya dari-Ku maka dia akan Ku lemparkan ke neraka.' " (Shahih. HR. Ahmad; dishahihkan oleh al-Albani dalam ash-Shahihah no. 540)
Di antara peribadatan yang berhubungan dengan nama ini, hendaknya hamba mengagungkan penciptanya dan merendahkan dirinya di hadapan Dzat yang Maha Agung. Hendaknya kepada Allah عزّوجلّ saja mereka merendahkan diri, khusyuk, dan mematahkan hati, karena terkadang setan menipu suatu kaum sehingga mereka dipalingkan dari kenyataan ini, dan mereka jatuh kepada perbuatan syirik secara terang-terangan dan tidak lagi mengagungkan Allah عزّوجلّ.
Itulah dua belas bukti ketauhidan Allah عزّوجلّ yang terkandung di dalam Ayat Kursi. Benar-benar hanya Allah عزّوجلّ yang patut dan berhak disembah. Tidak ada sembahan vang hak disembah kecuali Allah. Karena itu, sudah semestinya bila orang yang beragama Islam, malam dan siangnya membacanya berulang-ulang dengan memahami artinya, mengamalkan apa yang menjadi keharusannya, ikhlas beribadah hanya kepada Allah عزّوجلّ saja, dan tidak menyekutukan-Nya dengan siapa pun ... dan seterusnya

Blog, Updated at: 03:05

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts