TAFSIR AYAT KURSI KE 3 " MAKNA DAN KANDUNGAN

Posted by Majalah Online on Tuesday 3 February 2015

Keenam: Firman-Nya:
يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ

Maksudnya: Ilmu Allah عزّوجلّ meliputi perkara yang lampau dan yang akan datang, Dia mengetahui yang sudah terjadi dan yang akan terjadi, ilmu-Nya meliputi segala sesuatu, dan menghitungnya. Mana mungkin Dia tidak tahu, sedang-kan semua makhluk Dialah yang menciptakan-nya, seperti firman-Nya:
أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? (QS. al-Mulk [67]: 14)
Dialah yang menciptakan semua makhluk dan yang mewujudkannya, Dialah yang Maha Mengetahui semua urusan makhluk-Nya (silakan baca Surat al-Mulk ayat no. 14).
Ada kisah: Sebagian orang kafir pada suatu hari berkata, "Saya bisa menciptakan." Lalu ditanya, "Mana buktinya?" Dia mengambil daging, lalu dipotong, lalu dicampur dengan kotoran hewan, lalu dimasukkan ke dalam bejana tertutup rapat, lalu menyuruh orang agar menjaganya selama tiga hari, setelah itu diserahkan dan dibuka, tiba-tiba bejana itu penuh dengan cacing, lalu dia berkata, "Ini ciptaan saya." Sebagian orang yang hadir bertanya, "Berapa jumlahnya?" Dia tidak tahu. Dia ditanya lagi, "Berapa yang jantan dan yang betina? Dan apakah kamu yang menanggung pangannya?" Dia tidak bisa menjawab. Lalu dikatakan kepadanya, "Pencipta tentu dia bisa menghitung jumlah ciptaannya, mengetahui yang jantan dan yang betina, dan mampu menanggung kebutuhan hidupnya, mengetahui berapa lama dia hidup dan kapan matinya." Akhirnya orang itu diam, tidak bisa menjawab. (al-Hujjatufi Bayanil Mahajjah lit Taimi 1/130)


Ketujuh dan Kedelapan: Firman-Nya:
وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء

Artinya: "Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya." Ini menunjukkan kelemahan makhluk, terbatas ilmu pengetahuannya, tidak memilikinya kecuali sedikit. Allah عزّوجلّ berfirman:
وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً
Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit. (QS. al-Isra' [17]: 85)
Pertama kali manusia keluar dari rahim ibu-nya, dia tidak tahu apa apa (seperti firman-Nya dalam Surat an-Nahl [16]: 78), akan kembali ilmunya menjadi lemah dan hilang daya ingatan-nya (baca Surat an-Nahl [16]: 70), di tengah perjalanan hidupnya ilmunya kekurangan dan sering lupa (baca firman-Nya dalam Surat Thaha [20]: 115).
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Nabi Adam عليه السلام lupa dan lupa pula keturunannya."
Mereka tidak punya ilmu kecuali apabila Allah عزّوجلّ yang memberi ilmu (baca Surat al-Baqarah [2]: 32, al-'Alaq [96]: 4-5, dan firman-Nya Surat ar-Rahman: 43). Dan do'a beliau:
اللَّهُمَّ عَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا
"Ya Allah, berilah aku ilmu yang bermanfaat untuk diriku dan berilah aku tambahan ilmu." (HR. Ibnu Majah no. 3833)
Maka mereka tidak punya ilmu melainkan apabila Allah عزّوجلّ memberikan taufik dan memudahkannya.        ,
Adapun firman-Nya xxx menunjukkan keesaan Allah عزّوجلّ. Semua perkara yang wujud dengan kehendak-Nya, apa yang dikehendaki pasti terjadi, yang tidak dikehendaki tidak terjadi, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah عزّوجلّ.
 

Kesembilan: Firman-Nya:
وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ

Kursi merupakan makhluk Allah عزّوجلّ yang mulia, Allah عزّوجلّ menyifati luasnya meliputi langit dan bumi. Kursi, makhluk yang mulia dan besar pula ukurannya. Langit dan bumi bila dibanding dengan Kursi sungguh amat kecil, demikian juga bila Kursi dibanding dengan Arasy, Kursi amat kecil. Kita bisa mengetahuinya dengan berita yang disampaikan oleh Abu Dzar رضي الله عنه dia berkata, "Saya memasuki Masjidil Haram, lalu saya melihat Rasulullah صلى الله عليه وسلم sendirian. Saya duduk mendekati beliau, lalu saya bertanya, 'Wahai Rasulullah! Ayat apa yang lebih mulia turun kepada engkau?' Beliau menjawab, Ayat Kursi, tidaklah langit dan bumi bila dibanding dengan Kursi melainkan bagaikan lingkaran kecil yang dibuang di padang sahara, sedangkan kelebihan Arasy bila dibanding dengan Kursi seperti luasnya padang sahara dengan lingkaran gelang yang kecil.'" (Diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dalam al-Hilyah 1/166 dan Abu Syaikh dalam al-Azhamah, al-Baihaqi dalam al-Asma' wash Shifat 2/300, 301, dan lainnya; dishahihkan oleh al-Albani dalam Silsilah ash-Shahihah no. 109)
Apabila orang muslim mengetahui besarnva kekuasaan Allah عزّوجلّ ini, tentu dia akan merendahkan diri dan tunduk kepada Allah عزّوجلّ, dia beribadah hanya kepada-Nya, dia yakin bahwa yang berhak sembah hanya Allah عزّوجلّ, dan dia tahu juga bahwa orang musyrik tidaklah dia benar benar mengagungkan Allah عزّوجلّ. Firman-Nya:
وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ
Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (QS. az-Zumar [39]: 67)
Silakan baca juga Surat Nuh [71]: 13-20.
Maka di mana akal orang musyrik ini? Mereka melampiaskan ketundukan, pengharapan, rasa takut dan cintanya kepada makhluk yang kecil dan hina, makhluk itu tidak mampu mendatangkan manfaat dan tidak mampu menolak bala untuk dirinya, apalagi untuk orang lain. Mereka enggan beribadah kepada Allah عزّوجلّ Pencipta Yang Maha Agung. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Blog, Updated at: 03:03

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts