APAKAH ISLAM BISA DISEBUT AGAMA ???

Posted by Majalah Online on Sunday 27 October 2013

    Agama adalah kata yang digunakan dalam keseharian kita untuk menunjukan kepercayaan tertentu pada seseorang, bahkan dalam terjemahan Al-qur'an kalimat "Diin" diartikan "Agama " Contoh dalam QS, 3 :19

"innad diina 'indaallahil Islam "

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam

    Padahal Arti agama dan Diin Jauh Berbeda, Agama berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari 2 suku kata A dan GAMA . A yang berarti Tidak & GAMA yang berarti  Pergi  adapula yang mengartikan A= Tidak dan Gama = Kacau yang Berarti tidak Kacau. Sedangkan makna Diin lebih dari itu lebih memiliki makna :


1. Makna Diin Adalah Ketaatan :  QS 16 :  25

walahu maa fii alssamaawaati waal-ardhi walahu alddiinu waasiban afaghayra allaahi tattaquuna

Dan kepunyaan-Nya-lah segala apa yang ada di langit dan di bumi, dan untuk-Nya-lah keta'atan itu selama-lamanya. Maka mengapa kamu bertakwa kepada selain Allah?

2.Makna din Adalah Undang-Undang  " QS. 12:76



fabada-a bi-aw'iyatihim qabla wi'aa-i akhiihi tsumma istakhrajahaa min wi'aa-i akhiihi kadzaalika kidnaa liyuusufa maa kaana liya/khudza akhaahu fii diini almaliki illaa an yasyaa-a allaahu narfa'u darajaatin man nasyaau wafawqa kulli dzii 'ilmin 'aliimun



Maka mulailah Yusuf (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan piala raja itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami atur untuk (mencapai maksud) Yusuf. Tiadalah patut Yusuf menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendaki-Nya. Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui.
 

3.Menurut Kamus

Istilah Dien dilihat dari segi bahasa, menurut kamus “Al-Munjid” hal. 231 istilah dien bermakna “tartiibun” (tata-cara), “tadbiirun” (sistem) dan juga bermakna “sunnatun” (norma/aturan).


Jadi Ayat QS 3 : 19 itu 

innad diina 'indaallahil Islam "


Sesungguhnya keta'atan,aturan,undang-undang,tata cara ,sistem  (yang diridhai) disisi Allah hanyalah   Islam.

    Maksudnya yang lebih jelas  adalah  " keta'atan , aturan , tatacara , sistem,yang diridhoi Allah Hanyalah keta;atan , aturan , tatacara , sistem yang bersumber dari islam. selain itu tidak diridhoi Allah. 

itulah islam lebih luas daripada makna agama yang berasal dari bahasa sansekerta..

Blog, Updated at: 17:33

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts