Belajar dari Wanita Syurga ( Khodijah )

Posted by Majalah Online on Monday 22 April 2013


Setiap orang memiliki kisah , tak terkecuali kita dan 3 wanita ini namun indah nya kisah mereka , perjalanan hidup nya berakhir pada satu finish, yaitu Syurga.siapakah mereka? Mereka itu ialah :
1.kho...dijah binti khualid r.h 
Lahir kurang lebih pada tahun 555M yaitu 15 tahun sebelum tahun gajah dari pasangan khuailid bin as’ad dan Fatimah binti za’idah beliau adalah seorang wanita yang cantik, cerdas dan tangguh selain itu ia adalah bangsawan dan bijaksana , itu terbukti ketika ke dua orang tuanya meninggal dunia, khodijah mendapatkan harta yang banyak dari peninggalan ke dua nya namun semua itu tidak menjadikan dia tamak dan menghambur- hamburkan harta justru malah ia kelola bisnis itu hingga berkembang pesat. dan ketika janda 2 kali karena bercerai dengan ‘Atik al mahfuzi dan menikah lagi dengan Halah bin zuraroh at tamimi namun ketika melahirkan dua anak yaitu halah dan hindun , Halah at tamimi meninggal dunia. Banyak bangsawan Quroisy yang datang untuk melamarnya namun semua ia TOLAK ia menjada kurang lebih selama 10 th sampai pada akhirnya ia kesemsem dengan pemuda yang bernama Muhammad bin Abdillah yang kelak menjadi pendamping terakhirnya.
Activitas bisnis dan pertemuanya dengan Muhammad.
Sebagai seorang bisniswati ( kalau lelaki kan bisnisman kalau perempuan berarti ? bisnis wati..he..he) yang memiliki usaha yang maju khodijah banyak memperkerjakan kaum laki – laki.. suatu ketika ia mendengar ada seorang lelaki yang jujur dan amanah bernama Muhammad, ia menginkan agar Muhammad mengurus perdagangan nya ke syam, lalu ia mengirim orang kepercayaan nya untuk bernegosiasi dengan muhammad meminta agar muhammad mau ke syam dengan gaji lebih besar dari pada yang khodijah berikan kepada orang lain, akhir nya beliau pun mensetujui pekerjaan itu dan berangkatlah ke syam dengan di temani seorang pemuda yang bernama Maisaroh. Ketika di syam maisaroh menyaksikan hal – hal yang membuat ia takjub, salah satunya ialah keuntungan besar yang di peroleh Muhammad yang jarang di peroleh oleh pegawai – pegawai khodijah yang lain, selain itu ada seorang pendeta yang mengatakan dengan maisaroh bahwa muhammad itu adalah calon Nabi. Maisaroh sudah memiliki niat bahwa sesampai nya di makkah ia akan menceritakan itu semua kepada khodijah. 
Karena tugas nya di syam telah usai Muhammad dan Maisaroh pulang ke Makkah. Pada pertengahan hari Muhammad sudah tiba di makkah, khodijah melihat kepulangan kafilah tersebut dan di sambutnya kepulagan itu, lalu Muhammad melaporkan Laba yang ia peroleh dan juga barang – barang yang ia bawa dari syam selain itu juga maisaroh bercerita tentang apa yang ia lihat dari Muhammad waktu ia berada di syam.
_Khodijah Menyatakan Cinta _
Cerita – cerita itu membuat khodijah jatuh hati kepada Muhammad sebagai wanita yang normal wajar saja apabila ia menaruh cinta pada Muhammad apalagi memang ia dari dulu sudah simpatik pada Muahammad buktinya ia berani menggaji Muhammad dengan berlipat ganda _ Namun khodijah Bimbang apakah Muhammad mau menjadi pendamping nya ? sedang usia nya sudah 40 th ? dalam kondisi seperti ini datanglah sahabat dan mungkin ia adalah teman curhat yaitu Nafisah binti Munabih dengan kecerdasan Nafisah ia dapat mengetahui apa yang sedang di Galaukan khodijah dan akhirnya Nafisah dapat memotivasi dan menenangkan jiwa khodijah. 
Nafisah mengatakan kepada khodijah bahwa dia adalah wanita yang memiliki nasab yang baik , kaya dan cantik ...Tak lama kemudian Nafisah keluar dari rumah khodijah untuk mendatangi Muhammad_ sesampai nya kepada Muhammad ia nafisah lalu melakukan interview , “Wahai Muhammad apa yang menyebabkan engkau tidak Menikah ? 
Muhammad menjawab “ tidak ada sesuatu yang saya pakai untuk menikah... 
Nafisah : Jika engkau di beri dan di minta menikahi wanita yang berharta , rupawan , mulia dan cukup apakah engkau Mau ? ( kalau saya” penulis” si mau....he..he ^ ) 
Siapa itu ? Jawab Muhammad
Nafisah dengan singkat menjawab * KHODIJAH *
Dengan cara bagaimana ? sahut Muhammad 
Nafisah : serahkan itu pada ku ....
Bahkan dalam sumber lain mengatakan bahwa khodijah mengutus orang untuk menyatakan kalau ia ingin menikah dengan muhammad.
itulah khodijah yang menyatakan cinta nya , pernyataan itu diwakili oleh perantara.

* Akhir nya jadi Nikah *

Apa yang di ingini mbak khodijah akan segera terwujud juga .... pernikahan itu sebentar lagi akan di mulai, Muhammad menemui pamanya dia mengungkapkan kepada pamanya kalau ia ingin menikah ama khodijah,paman nya pun setuju akhir nya abu tholib , hamzah dan paman yag lainya datang ke rumah paman khodijah “ Amr bin As’ad “ untuk Lamaran dan menentukan mahar nya. 
Pernikahanpun di mulai dan akad telah sempurna, hewan-hewan telah di sembelih juga di bagikan pada fakir miskin serta mahar untuk khodijah adalah 20 ekor unta.
Demikianlah pernikahan Muhammad – Khodijah, pernikahan ya akan membawa khodijah untuk menjadi wanita terbaik di masanya dan terbaik di syurga..apa yang akan menjadikan khodijah wanita terbaik fid dunya dan fil jannah ? tetap ikuti kisah selanjutnya .... 
*Menjalani hari-hari sebagai istri*
Khodijah adalah sosok istri yang menyayangi suami nya ketika rasulullah menginginkan Ali bin abi tholib agar bisa selalu bersmanya khodijah memberi keleluasaan kepada Ali untuk tinggal besama Muhammad, ketika muahammad senantiasa tahanust ( menyendiri dalam gua hira ) khodijah sering Mengirim bahan makanan kepada muhammad, dan mengutus orang untuk menjaga muhammad dari belakang tanpa mengganggu khalawat beliau,khodijah jualah yang menenang kan dan menyakinkan rasulullah saw ketika ia mendapat wahyu di sebutkan dalam siroh rasul karangan ibnu hisyam bahwa rasulullah berkata “ketika jibril pergi dari hadapan ku , dan aku pulang menemui keluarga ku , ketika aku bertemu khodijah aku duduk di pahanya , dan bersandar pada nya . khodijah berkata Hai abu Al-Qossim ( Muhammad ) dimana engkau berada ? sungguh aku telah mengutus orang – orang ku untuk mencari mu , hingga mereka tiba di makkah atas , kemudian pulang membawa hasil .” rasul pun berkata : kemudian aku berceritakan kepada khodijah apa yang aku alami , khodijah berkata saudara misanku , bergembiralah ,,dan tegarlah ..Demi dzat yang jiwa khodijah yang berada di tangan Nya . sungguh aku berharap kiranya engkau menjadi Nabi untuk umat ini. Bukan sampai di situ saja khodijah lalu mengemasi pakainya untuk pergi menemui waraqoh bin naufal seorang yang ahli dalam hal kenabian guna berkonsultasi tentang apa yang di alami oleh suaminya, Apa kata waraqoh ketika mendengar crita khodijah ??... waraqoh mengatakan Mahasuci Allah... Maha suci Allah..Demi dzat yang jiwa waraqoh berada di tangan Nya , jika apa yang engkau ceritakan benar , wahai khodijah , sungguh suami u di datangi jibril yang dulu pernah datang kepada Musa .Sungguh suami mu . Sungguh suami mu adalah umat ini , katakan pada nya agar ia bersabar , kemudian khodijah pulang dan mengatakan kepada rasulullah tentang apa yang di ceritakan Muhammad. Hal ini penting untuk meyakinkan dan menentramkan hati rasulullah, rasulullah sendiri pernah mengatakan kepada khodijah karena peristiwa turunya wahyu ini yang memang peristiwa ini belum pernah di alami oleh rasulullah sebelum nya , beliau mengatakan seperti ini “Ya....Khodijah aku khawatir terjadi sesuatu pada ku “ .
Untuk menyakinkan rasulullah itu Khodijah datang kembali kepada waraqoh bin naufal kali ini ia datang dengan membawa langsung rasulullah... agar muhammad mendengar langsung dari wraqoh bin Naufal..
itulah cinta nya khodijah kepada rasulullah cinta yang membawa kepada pembelaan kepada Al-Haq yang akhirnya membawa khodijah ke syurga .. kalau pembaca ndak percaya kalau khodijah demikian cinta ama rasulullah biarlah rasulullah sendiri yang mengatakan, Ni..kata Rasulullah “ Sesungguh nya aku telah di beri karunia dengan CINTA nya khodijah kepada ku ( HR . MUSLIM ) Gimana PUAS ! sudah yakin ....
^_^ “ 
Khodijah yang sudah menyakini bahwa suaminya adalah seorang Nabi ummat ini menjadi wanita pertama yang ber-syahadat untuk masuk islam. Apabila rasulullah mendapat penolakan dari da’wah beliau juga pendustaan dari orang-orang kafir yang membuat beliau sedih khodijah lah yang menyemangati beliau , meringankan beban beliau , membenarkan beliau dan memandang remeh apa yang di katakan orang-orang
Syurga memang tidak murah , ujian pernikahan datang , tidak semua jalan mulus , kita belum menceritakan bagaimana kesabaran dan pengorbanan khodijah , butuh pembaca ketahui bahwa anak laiki-laki khodijah bersama rasulullah Al-Qossim meninggal dunia , begitu pula dengan At-thoyib serta At-thahir mereka semua telah wafat di masa jahiliah.
beliau juga mengetahui bagaimana saudara se-aqidah nya Sumayyah di tombak kemaluanya hingga tembus ke kepala oleh para seorang tokoh Kaffir Quroisy_
di detik akhir kehidupanya khodijah berani meninggalkan Harta nya yang selama ini ia gunakan untuk membantu perjuagan islam , khodijah dan kaum muslim lainya di boikot / di kucilkan oleh para dedengkot kafir quroisy dan masyarakat lainya , kaum muslmin dan bany hasim plus bani mutholib di larang berjual beli , di larang menikah , tidak di ajak bicara. Al-hasil mereka makan dedauna dan kulit-kulit binatang di balik lembah pemukiman terdengar bayi-bayi menangis, sampai akhirnya semua itu berakhir dan 8 atau 9 bulan setelah pemboiokotan tersebut ummul mukminin khodijah rodhiyaallahu anha , di panggil Allah. 
Demikian perjalanan khodijah , perjalanan bisnis nya yang langka , bisnis yang berkembag di tangan seorang wanita , perjalanan cinta nya walau cinta nya bersemi di masa-masa sebelum islam , di masa di mana islam belum mengatur hubungan anatara laki-perempuan tapi dapat di lihat bahwa perjalanan nya jauh lebih indah di banding perjalanan cinta laila dan majnun atau Qois dan lailomeo a juga romeo dan juliate.Pengorbanan untuk membela islam , dukungan nya kepada suami semua itu ia laku kan dengan ikhlas. Pembaca masih ingat waktu khodijah masuk islam ? di saat itu Allah menyampaikan salam kepada khodijah lewat malaikat jibril. 
Sebaik-baik wanita syurga adalah khodijah, fatimah , maryam , Aisyah (istri fir’aun) ( hr.baihaqi )
Hadist Itulah statemen rasul tentunya statemen yag di dasari wahyu bahwa khodijah di jamin syurga . Di hati rasul sendiri khodijah tak tergantikan dengan istri – istri yang lain sampai-sampai pernah aisyah cemburu karena rasul masih sering bercerita tentang khodijah sehingga aisyah berkata , seolah-olah tidak ada wanita lain di dunia ini selain khodijah.


Dia beriman kepada ku ketika orang – orang mengingkari ku , membenarkan aku ketika orang – orang mendustakan aku , membantuku dengan hartanya ketika orang-orang tidak membantu , .....( Muhammad ibnu abdillah , rasul Allah )

Blog, Updated at: 11:17

0 comments:

Post a Comment

https://member.idwebhost.com/aff.php?aff=5263
Dapet Duit Dari Twitter 160x600
Powered by Blogger.

Popular Posts